TERBARU

Politik

Debat Pertama, Strategi Peningkatan Pendapatan Daerah Jadi Fokus Utama ISROCK

GOTVNEWS, Karimun – Debat publik yang digelar di Hotel Aston Karimun pada Sabtu (19/10/2024) malam berlangsung sengit, paslon nomor urut 3 memberikan pertanyaan terkait rencana peningkatan pendapatan daerah guna mendukung pembangunan, yang dilontarkan pada paslon nomor urut 1.

Pasangan calon nomor urut 1, Iskandar-Rocky mengatakan akan berfokus pada efisiensi anggaran dan pengembangan potensi daerah seperti retribusi, Free Tribune Zone (FTZ), serta sektor maritim.

“Ketika kami diamanahkan menjadi pemimpin, kami akan fokus pada investasi yang masuk ke daerah, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, paslon nomor 3 mengapresiasi optimisme ini, namun menegaskan bahwa penghematan saja tidak cukup. Mereka mendorong strategi ekstensifikasi yang lebih konkret agar pembangunan bisa berkelanjutan.

“Sudah banyak kewajiban yang belum terpenuhi, sehingga kita harus lebih kreatif dalam mencari sumber pendapatan baru,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, paslon nomor urut 1 mengusulkan penguatan pada sektor-sektor BUMD, termasuk rencana pembentukan BUMD di sektor batu granit untuk menambah pendapatan daerah dan menciptakan lapangan kerja.

“Teknologinya sudah ada, pasar masih luas. Pemerintah daerah harus ikut terlibat sehingga pendapatan daerah bisa bertambah, dan yang lebih penting lagi, kita bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” tambahnya.

Kemudian, paslon nomor urut 1 juga menyebut dukungan dari Partai Gerindra dan Prabowo Subianto, menurut mereka akan menjadi salah satu kelebihan yang memperkuat program pembiayaan daerah.(Frh)

Berita Terkait