TERBARU

Metropolis

Ratusan Sapi di Kabupaten Bintan Disuntik Vaksin PMK

GOTVNEWS, Bintan – Sebanyak 250 ekor sapi di Kabupaten Bintan di vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Vaksin PMK dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh hewan ternak khusunya ternak sapi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan, Sri Heni Utami mengatakan, vaksin PMK untuk menjaga hewan ternak agar tidak tertular penyakit hewan. Terutama Penyakit Mulut dan Kuku yang akhir-akhir ini merebak di Pulau Jawa.

“Kita menjaga wilayah kita agar sapi sapi ternak tidak terjangkit PMK,” sebutnya, Sabtu (9/3/2024).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Bintan yang juga Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten Bintan, Iwan Berri Prima mengatakan, bahwa ternak sapi yang divaksin dilakukan di Kecamatan Gunung Kijang dan Bintan Timur.

“Di Kecamatan Gunung Kijang ada 125 ekor dan kecamatan Bintan Timur 125 ekor. Vaksin dimulai sejak Rabu 6 Maret 2024 hingga Jumat 8 Maret 2024, dengan melibatkan 2 orang tenaga dokter hewan dan 6 orang tenaga pendukung kesehatan hewan,” ungkapnya.

Iwan bersyukur, hingga saat ini Bintan masih nihil kasus PMK dan partisipasi peternak untuk mendukung vaksinasi PMK ini cukup tinggi.

Apalagi, sambung Iwan, kurang lebih tiga bulan lagi akan ada hari raya kurban. Sehingga penguatan kesehatan hewan untuk kurban harus kita pastikan jauh-jauh hari.

” Sapi sebelum divaksinasi di pastikan terlebih dahulu kesehatannya oleh dokter hewan. Hanya sapi yang sehat saja yang boleh divaksin,” Tutupnya.(Mhd)

Berita Terkait