TERBARU

Wisata

Misteri Daya Tarik Wisata Air Panas Tanjung Hutan di Karimun: Dipercaya dapat Menyembuhkan Penyakit

GOTVNEWS, Karimun – Provinsi Kepulauan Riau merupakan kawasan strategis dan destinasi wisata. Kenapa tidak, Provinsi Kepri yang merupakan wilayah kepulauan dan dikelilingi oleh pulau-pulau menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Seperti destinasi wisata Air Panas Tanjung Hutan yang ada di Pulau Karimun menjadi daya tarik wisata Kepri yang ada di Kabupaten Tanjung Balai Karimun (TBK).

Pulau Karimun telah lama dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, namun tidak banyak yang tahu tentang rahasia tersembunyi yang tersimpan didalamnya, yakni sebuah destinasi wisata kolam pemandian air panas yang memberikan kedamaian dan penyembuhan bagi para pengunjungnya.

Biasanya, pemandian air panas dapat ditemui di pegunungan, atau dataran tinggi. Tetapi, berbeda dengan destinasi wisata unik yang satu ini, Air Panas Tanjung Hutan terletak di dataran rendah dalam pulau kecil di Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Misteri Daya Tarik Wisata Air Panas Tanjung Hutan di Karimun: Dipercaya dapat Menyembuhkan Penyakit.
Misteri Daya Tarik Wisata Air Panas Tanjung Hutan di Karimun: Dipercaya dapat Menyembuhkan Penyakit. Foto: Gotvnews.

Kolam pemandian air panas tanjung hutan memiliki keindahan tersendiri yang tidak akan didapatkan dari pemandian air panas di daerah lainnya. Pesona ini hadir karena keunikan yang disajikan dari mata air yang tidak mengandung belerang sama sekali.

Menurut warga sekitar, mata air panas yang dikeluarkan di kolam pemandian Tanjung Hutan ini, juga terkenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan dapat memanjakan tubuh yang lelah.

Selain menikmati air panas, wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia seperti Mushala, gazebo, toilet, dan tempat bilas. Pengunjung juga dapat mencicipi kuliner khas setempat di kios makanan, ataupun sekedar berswafoto.

Pemandangan di sekitar Air Panas Tanjung Hutan yang masih asri dan alami, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Kepri, Guntur Sakti, yang menyebut kolam pemandian Air Panas Tanjung Hutan merupakan salah satu daya tarik destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karimun Provinsi Kepri.

“Penetapan itu tertuang dalam SK Gubernur Kepri Nomor 1263 tahun 2022,” katanya.

Untuk sampai di Desa Tanjung Hutan, pengunjung dapat menggunakan boat pompong dari Pelabuhan Buru langsung menuju ke pelabuhan Tanjung Hutan.

Setelah tiba di Tanjung Hutan, bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek.(Frh)

Berita Terkait